BIMBINGAN DAN
KONSELING
Disusun oleh
INDIYAH
SULISTIYOWATI
P1337425219055
PROGRAM ALIH
JENJANG DIV
JURUSAN
KEPERAWATAN GIGI
POLITEKNIK
KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
1.
JENIS LAYANAN
KONSELING LEBIH 10 MACAM, JELASKAN MINIMAL 6 LAYANAN KLINIKAL KONSELING YANG
DAPAT DITERAPKAN PADA PROSES PELAYANAN ASUHAN INDIVIDU DI KLINIK PRATAMA
PENGOBATAN GIGI
Jawab :
a.
Layanan
Orientasi
Layanan
yang memungkinan pasien atau pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh
besar terhadap pasien dalam memahami
lingkungan baru, , untuk mempermudah dan memperlancar pelayanan yang didapat
pasien yang meliputi pemahaman pada situasi, keadaan umum atau utama pasien,
fasilitas, hak dan kewajiban pasien, alur atau tahap pengobatan dan peran
konseling dalam klinik.
b.
Layanan
Informasi
Layanan
yang memungkinan pasien atau pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh
besar kepada pasien untuk membantu agar
dapat mengambil keputusan secara tepat tentang permasalahan yang terjadi di
klinik, meliputi informasi mengenai keluhan dan keadaan gigi kemudian diambil keputusan
atau tindakan seperti apa yang akan dilakukan. Layanan informasi pun berfungsi untuk pencegahan dan pemahaman.
c.
Layanan
konseling perorangan
Pelayanan
khusus yang memungkinan pasien
mendapatkan layanan langsung tatap muka (secara perorangan) untuk
mengentaskan permasalahan yang dihadapinya dan perkembangan dirinya. Dalam hal
ini masalah pasien akan dicermati dan diupayakan pengentasannya. Permasalahan
atau keluhan yang ada diketahui setelah perawat melakukan identifikasi melalui
proses konseling, setelah itu baru ditetapkan keluhan mana yang akan
ditindaklanjuti.
d.
Layanan Mediasi
Layanan
yang diberikan untuk membantu pasien dalam menghadapi keluhan-keluhan lainnya,
atau memberikan penyuluhan pada pasien terkait permasalahan atau pencegahan
pada keluhan gigi dan mulut.
e.
Layanan
Konsultasi
Layanan
yang diberikan perawat pada pasien terkait masalah kesehatan gigi dan mulut,
mengenai klinik dan membantu menyelesaikan masalah yang ada dikesehatan gigi dan mulut.
f.
Layanan
Pembelajaran
Berkenaaan
dengan pelayanan dalam proses pembelajaran seperti kapan waktu menyikat gigi
yang baik dan benar, bagaimana cara merawat gigi dan mulut, bagaimana cara
mencegah gigi berlubang dan lain-lainnya.
2.
SUSUNLAH RENCANA
GARIS BESAR PROGRAM KOMPETENSI KLINIKAL UNTUK PROSES PELAYANAN ASUHAN GIGI DAN
MULUT SESUAI PROFESI ANDA
Jawab:
a.
Tahap Pra
Interaksi
Tahap
dimana perawat belum bertatap muka dnegan pasien, tugas perawat adalah focus pada kemampuannya sebelum bertemu
pasien, menggali perasaan, rasa takut/frustasi, menganalisa kekuatan dan
keterbatasan profesionalitas diri serta merencakan pertemuan selanjutnya dengan
pasien.
b.
Tahap Orientasi
Tahap
perawat pertama kali bertemu pasien,dimana tugas perawat adalah menetapkan
alasan pasien untuk mencari bantuan, membina rasa percaya, penerimaan dan
komunikasi terbuka, mengidentifikasi
masalah (5W+1H), menegakkan diagnosa, menetapkan tujuan dan merumusakn kontrak
pertemuan selanjutnya.
c.
Tahap Kerja
Pada
tahap ini perawat melakukan rencana atau tindakan yang telah disepakati
sebelumnya, menggali stressor yang relevan, membahas dan atasi perilaku dari
pasien.
d.
Tahap terminasi
Pada
tahap ini perawat akan menghentikan interaksi dengan pasien, membina realitas
tentang perpisahan, meninjau kemampuan terapi dan pencapaian tujuan-tujuan,
menggali secara timbal balik perasaan penolakan, kesedihan, kesakitan,
kemarahan dan perilakku terkait lainnya.
Terapis Gigi dan Mulut memiliki wewenang untuk
melakukan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut meliputi:
a.Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi
dan Mulut
Ø
promosi
kesehatan gigi dan mulut kepada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat
Ø
pelatihan kader
kesehatan gigi dan mulut, guru serta dokter kecil
Ø
pembuatan dan
penggunaan media/alat peraga untuk edukasi kesehatan gigi dan mulut
Ø
konseling
tindakan promotif dan preventif kesehatan gigi dan mulut.
b.Upaya Pencegahan Penyakit Gigi
Ø
bimbingan
pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut untuk individu kelompok dan masyarakat
Ø
penilaian faktor
resiko penyakit gigi dan mulut
Ø
pembersihan
karang gigi; d.penggunaan bahan/material untuk pencegahan karies gigi melalui:
a.
pengisian pitdan
fissuregigi dengan bahan fissure sealant
b.
penambalan
Atraumatic Restorative Treatment/ART; dan/atau
c.
aplikasi flours
Ø
pencabutan gigi
sulung persistensi atau goyang derajat 3 dan 4 dengan lokal anastesi.
Ø
skrining
kesehatan gigi dan mulut
c. Manajemen Pelayanan Kesehatan
Gigi dan Mulut
Ø
administrasi
klinik gigi dan mulut
Ø
pengendalian
infeksi, hygiene, dan sanitasi klinik
Ø
manajemen
program UKGS
Ø
manajemen
program UKGM/UKGMD
d.Pelayanan Kesehatan Dasar pada
Kasus Kesehatan Gigi Terbatas
Ø
pencabutan gigi
sulung dan gigi tetap satu akar dengan lokal anestesi
Ø
penambalan gigi
satu atau dua bidang dengan glass ionomer atau bahan lainnya
Ø
perawatan pasca
tindakan.
e.Dental Assisting
Ø
asistensi pada
pelayanan kedokteran gigi umum
Ø
asistensi pada
pelayanan kedokteran gigi spesialistik``\
Tidak ada komentar:
Posting Komentar