Indiyah Sulistiyowati

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN

Rabu, 13 November 2019

Bimbingan dan konseling


TUGAS UJIAN TENGAH SEMESTER
BIMBINGAN DAN KONSELING
Disusun oleh
INDIYAH SULISTIYOWATI
P1337425219055


PROGRAM ALIH JENJANG DIV
JURUSAN KEPERAWATAN GIGI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
TAHUN 2019/2020

1.      JENIS LAYANAN KONSELING LEBIH 10 MACAM, JELASKAN MINIMAL 6 LAYANAN KLINIKAL KONSELING YANG DAPAT DITERAPKAN PADA PROSES PELAYANAN ASUHAN INDIVIDU DI KLINIK PRATAMA PENGOBATAN GIGI
Jawab :

a.       Layanan Orientasi
Layanan yang memungkinan pasien atau pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap  pasien dalam memahami lingkungan baru, , untuk mempermudah dan memperlancar pelayanan yang didapat pasien yang meliputi pemahaman pada situasi, keadaan umum atau utama pasien, fasilitas, hak dan kewajiban pasien, alur atau tahap pengobatan dan peran konseling dalam klinik.
b.      Layanan Informasi
Layanan yang memungkinan pasien atau pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh besar kepada pasien untuk  membantu agar dapat mengambil keputusan secara tepat tentang permasalahan yang terjadi di klinik, meliputi informasi mengenai keluhan dan keadaan gigi kemudian diambil keputusan atau tindakan seperti apa yang akan dilakukan. Layanan informasi pun berfungsi untuk pencegahan dan pemahaman.
c.       Layanan konseling perorangan
Pelayanan khusus yang memungkinan pasien  mendapatkan layanan langsung tatap muka (secara perorangan) untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapinya dan perkembangan dirinya. Dalam hal ini masalah pasien akan dicermati dan diupayakan pengentasannya. Permasalahan atau keluhan yang ada diketahui setelah perawat melakukan identifikasi melalui proses konseling, setelah itu baru ditetapkan keluhan mana yang akan ditindaklanjuti.
d.      Layanan Mediasi
Layanan yang diberikan untuk membantu pasien dalam menghadapi keluhan-keluhan lainnya, atau memberikan penyuluhan pada pasien terkait permasalahan atau pencegahan pada keluhan gigi dan mulut.



e.       Layanan Konsultasi
Layanan yang diberikan perawat pada pasien terkait masalah kesehatan gigi dan mulut, mengenai klinik dan membantu menyelesaikan masalah  yang ada dikesehatan gigi dan mulut.
f.       Layanan Pembelajaran
Berkenaaan dengan pelayanan dalam proses pembelajaran seperti kapan waktu menyikat gigi yang baik dan benar, bagaimana cara merawat gigi dan mulut, bagaimana cara mencegah gigi berlubang dan lain-lainnya.

2.      SUSUNLAH RENCANA GARIS BESAR PROGRAM KOMPETENSI KLINIKAL UNTUK PROSES PELAYANAN ASUHAN GIGI DAN MULUT SESUAI PROFESI ANDA
Jawab:

a.       Tahap Pra Interaksi
Tahap dimana perawat belum bertatap muka dnegan pasien, tugas perawat adalah  focus pada kemampuannya sebelum bertemu pasien, menggali perasaan, rasa takut/frustasi, menganalisa kekuatan dan keterbatasan profesionalitas diri serta merencakan pertemuan selanjutnya dengan pasien.
b.      Tahap Orientasi
Tahap perawat pertama kali bertemu pasien,dimana tugas perawat adalah menetapkan alasan pasien untuk mencari bantuan, membina rasa percaya, penerimaan dan komunikasi terbuka,  mengidentifikasi masalah (5W+1H), menegakkan diagnosa, menetapkan tujuan dan merumusakn kontrak pertemuan selanjutnya.
c.       Tahap Kerja
Pada tahap ini perawat melakukan rencana atau tindakan yang telah disepakati sebelumnya, menggali stressor yang relevan, membahas dan atasi perilaku dari pasien.
d.      Tahap terminasi
Pada tahap ini perawat akan menghentikan interaksi dengan pasien, membina realitas tentang perpisahan, meninjau kemampuan terapi dan pencapaian tujuan-tujuan, menggali secara timbal balik perasaan penolakan, kesedihan, kesakitan, kemarahan dan perilakku terkait lainnya.

Terapis Gigi dan Mulut memiliki wewenang untuk melakukan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut meliputi:
a.Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut
Ø  promosi kesehatan gigi dan mulut kepada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat
Ø  pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut, guru serta dokter kecil
Ø  pembuatan dan penggunaan media/alat peraga untuk edukasi kesehatan gigi dan mulut
Ø  konseling tindakan promotif dan preventif kesehatan gigi dan mulut.

b.Upaya Pencegahan Penyakit Gigi
Ø  bimbingan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut untuk individu kelompok dan masyarakat
Ø  penilaian faktor resiko penyakit gigi dan mulut
Ø  pembersihan karang gigi; d.penggunaan bahan/material untuk pencegahan karies gigi melalui:
a.       pengisian pitdan fissuregigi dengan bahan fissure sealant
b.      penambalan Atraumatic Restorative Treatment/ART; dan/atau
c.       aplikasi flours
Ø  pencabutan gigi sulung persistensi atau goyang derajat 3 dan 4 dengan lokal anastesi.
Ø  skrining kesehatan gigi dan mulut

c. Manajemen Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut
Ø  administrasi klinik gigi dan mulut
Ø  pengendalian infeksi, hygiene, dan sanitasi klinik
Ø  manajemen program UKGS
Ø  manajemen program UKGM/UKGMD

d.Pelayanan Kesehatan Dasar pada Kasus Kesehatan Gigi Terbatas
Ø  pencabutan gigi sulung dan gigi tetap satu akar dengan lokal anestesi
Ø  penambalan gigi satu atau dua bidang dengan glass ionomer atau bahan lainnya
Ø  perawatan pasca tindakan.

e.Dental Assisting
Ø  asistensi pada pelayanan kedokteran gigi umum
Ø  asistensi pada pelayanan kedokteran gigi spesialistik``\

Tidak ada komentar:

Posting Komentar